Dengan Smartfren, Traveling ke Luar Negeri Kini Tak Perlu Khawatir Lagi

Kamis, 12 Desember 2019 - 19:02 WIB
Dengan Smartfren, Traveling ke Luar Negeri Kini Tak Perlu Khawatir Lagi
Dengan Smartfren, Traveling ke Luar Negeri Kini Tak Perlu Khawatir Lagi
A A A
TOKYO - Operator jaringan nirkabel Smartfren semakin serius memperluas layanan international roaming-nya. Sebagai bagian dalam memberikan value added service (VAS), Smartfren berupaya agar pelanggannya tidak perlu berganti kartu SIM ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.

Sebagaimana diungkapkan Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra bahwa Smartfren di tahun-tahun sebelumnya telah me-launching sejumlah layanannya, namun baru di tahun ini layanan international roaming benar-benar sudah siap.

Terlebih lagi, menjelang Natal dan Tahun Baru, kecenderungan orang adalah melakukan traveling. Natal dan Tahun Baru, ungkap Roberto, traffic-nya enggak terlalu signifikan, lain halnya ketika itu menjelang Lebaran.

"Oleh karena biasanya Natal dan Tahun Baru kecenderungan orang adalah traveling, maka kita ingin sampaikan bahwa Smartfren ini sekarang sudah punya layanan international roaming buat orang-orang yang bepergian (ke luar negeri) untuk liburan atau keperluan lain," terang Roberto saat Smartfren International Roaming - Japan Experience di Tokyo, Jepang, belum lama ini.

(Baca juga: Smartfren Tawarkan Paket International Roaming di Jepang )

Layanan international roaming Smartfren saat ini sudah bisa dinikmati di 15 negara negara Asia Pasifik. Ke-15 negara itu antara lain Singapura, Malaysia, Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, China, Filipina, Hong Kong, India, Makau, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Thailand.

Seluruh paket data Asia Pasifik bisa digunakan di 15 negara tersebut tanpa dikenakan biaya lagi, jadi selama 7 hari masa aktif dan jika kuotanya masih ada maka bisa langsung dipakai saat pergi ke negara lain. "Apabila hari ini ada di Jepang, terus kemudian ke Hong Kong, langsung otomatis kuotanya akan ke-detected dari paket itu," kata Dept. Head International Roaming Smartfren, Aya Sofia Arakhmah.

Sedangkan untuk Malaysia dan Singapura mendapat perlakuan berbeda. Oleh karena kedua negara itu menjadi tujuan favorit mayoritas masyarakat Indonesia saat pergi liburan weekend, maka diberikan paket tersendiri.

"Kita bikin paket sendiri yang disebut paket Super 4G Roaming Singapura-Malaysia, 1Gb berlaku 3 hari harganya Rp50 ribu. Dan itu juga, ketika mereka beli paket Singapura-Malaysia, dia pergi ke Singapura hari ini, dan besok ke Malaysia, jadi hanya kena satu kali charge," terang Aya.

(Baca juga: Masjid Al-Ikhlas, Masjid di Tengah Kawasan Lampu Merah Tokyo )

Roberto menambahkan bahwa ke depannya, Smartfren mengarahkan semua roaming berada di jaringan 4G. "Kita memang menyelesaikannya secara bertahap. Jepang ini memang salah satunya kita mengawali dengan 3G," kata dia.

Meski hanya berada di jaringan 3G selama di Jepang, namun Smartfren cukup bisa diandalkan. Ketika dicoba untuk menggunakan voice call maupun video call WhatsApp, maupun menikmati layanan streaming, seperti YouTube, MeTube dan Vidio, semuanya berjalan lancar.

Selain bisa digunakan di 15 negara Asia Pasifik yang disebutkan di atas, Smartfren juga memfasilitasi kebutuhan internet jemaah haji atau umroh selama di Tanah Suci. "Kalau di musim haji atau umroh kita punya package sendiri, kita lagi promo Rp150 ribu unlimited 14 hari. Murah banget, lagi promo, mudah-mudahan kita bisa lanjutkan promo itu di tahun depan," ucap Roberto.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Roberto menyampaikan bahwa Smartfren telah memiliki eSIM (embedded sim card), dan ini bisa digunakan untuk iPhone 11 yang baru saja dirilis. Smartfren sendiri merupakan official telco partner iPhone. "Kita satu-satunya operator yang punya teknologi itu," tegasnya.

"eSIM ini sebenarnya sangat berguna ketika orang traveling, karena itu profile elektronic SIM, itu nanti dia tinggal bisa ganti-ganti ketika mereka keluar negeri. Itu sebenarnya memudahkan, jadi ini sih sebenarnya sinergi, apa yang kita coba lakukan di akhir tahun ini," jelas Roberto.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4260 seconds (0.1#10.140)